Senin, 30 Mei 2011

Pengaruh Internet Terhadap Perilaku Pelanggan


Dunia mkn transparan/telanjang, terutama sejak hadirnya internet yg mkn lama mkn murah. Bgm dampaknya terhdp bisnis kita? Bgmn menyiasatinya?

Apa yang dilakukan orang ketika ingin mengetahui informasi (produk tertentu, bisnis, jual beli, jasa, produsen dll)? Dulu orang sering mencari informasi di "Yellow Pages" (halaman kuning), sebuah buku direktori yang diterbitkan oleh TELKOM . Bagaimana dengan keadaan sekarang?

Hasil survey menunjukkan, saat ini cara orang berburu informasi sudah berubah. Orang lebih suka bertanya ke Mbah Google, tinggal klik...semua informasi sudah tersedia sangat lengkap, GPL (gak pake lama), GPM (gak pake mahal), dan GPR (gak pake ribet), he...he...he..

Dampaknya terhadap perilaku pelanggan/konsumen? Dampak perkembangan internet terhadap dunia marketing sudah sangat terasa. Saat ini customer/pelanggan begitu mudah "selingkuh", berpindah dari toko satu ke toko yg lain. Untuk mencari toko juga tidak sulit, dengan adanya toko online, pembeli tinggal browsing sebentar, gak repot harus keluar rumah, semua info toko lengkap dengan info pruduknya sudah di depan mata. Kalau kita tidak ...pintar menyikapi, bikin kita bete & frustasi.

Sebenarnya kita harus lapang dada menerima apa yg terjadi. Sebagai penjual produk, sudah bukan saatnya lagi kita hanya duduk manis, berpangku tangan, menunggu orderan datang. Tapi kita mesti dituntut selalu berpikir & terus berpikir untuk mengantisipasi perubahan yg terjadi, dan mengikuti perubahan perilaku konsumen.


Kita harus punya prinsip "hilang 1 tumbuh 1000", tentunya tanpa mengabaikan hubungan baik dengan pelanggan. Tapi jangan sampai kita meratap, menangis tersedu-sedu...he..he.., seandainya kita ditinggalkan pelanggan.

Intinya, kita harus gencar berpromosi lewat media apa saja, tapi harus tetap diperhitungkan segi efektif & efisian. Berpromosilah secara kontinyu; tiap bulan, hari, jam, bahkan tiap detik....!!!! Insya Alloh akan selalu ada pelanggan baru yang datang. Selamat berpromosi..... SUKSES BUAT ANDA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar