Jumat, 12 November 2010

Tips & Trik Mendapat Pinjaman Modal Tanpa Bunga (1)


"Sebenarnya saya ingin sekali memulai usaha atau punya bisnis sendiri, tapi gimana caranya kalau modal aja gak punya?"

Saya sering mendapat pertanyaan seperti itu, oleh karenanya saya di sini hanya ingin men sharing kan dari pengalaman saya. Tidak ada hal yang baru sebenarnya, mungkin temen-temen juga pernah mengalaminya. Cuma seringkali pada saat kita lagi mumet, masalah yang sederhana bisa jadi terkesan rumit.

Keluhan yang paling sering muncul saat orang mau memulai usaha adalah MODAL!!! Kenapa begitu? Kebanyakan orang menganggap kalau buka usaha harus begini, harus begitu, pokoknya harus bagus, keren, perfect gitu... Yang terbayang di pikiran pasti uang jutaan rupiah, puluhan juta, bahkan kalau mungkin ratusan juta...cekk..cekk...

Padahal yang namanya bisnis gak harus begitu, malah bisa sebaliknya. Gak percaya? Bob Sadino saja memulai usaha dengan modal gak sampai ratusan ribu, bisnis jualan telur ayam. Kalau saya sendiri dulu memulai belajar bisnis dengan modal 125rb dengan cara menggadaikan BPKB motor butut. Bisnis sesuai kemampuan kita, gak perlu terlalu muluk-muluk, gak perlu canggih-canggih, simpel saja.

Yang penting mulai, jalan dulu...penyempurnaan sambil jalan. Namanya saja baru belajar, modal kecil gap papa, seadanya dulu, kalau rugi biar gak sakit-sakit banget. Ibarat latihan angkat beban, awal-awal kita latihan angkat beras 25kg dulu, kalau otot sudah lemes/gak kaku...coba angkat 40kg...50kg...dst. Jangan belum pernah angkat-angkat, langsung nafsu pingin ngangkat 1 kwintal beras...semaput nggak?

Nah kalau sudah bisa memanage untung rugi, bolehlah membesarkan bisnis dengan cara pinjam modal pihak ketiga atau Bank. Boleh juga pinjam modal pihak kedua...siapa?? mertua, saudara...atau pacar, bisa juga calon mertua ...he..he..he..
Wahh..., kalau pinjam bank kan mesti kasih bunga Bro..., ya kalau bisnis langsung untung, kalau belum untung kan bisa tekor?

OK ..lah kalau begitu, sesuai janji saya, di sini saya kasih tahu gimana caranya dapat pinjaman modal tanpa bunga.
"Jangan-jangan uang dari bank gaib, bank misterius miliknya jin atau makhluk halus itu
ya??? wuihh...serem..nggak ahh..!!!"
"Sungguh Bro..ini uang nyata dan halal kok... bukan uang siluman, nanti uangnya bisa diraba-raba bau kemenyan apa nggak...he..he..he.."

Kakak saya sendiri (pengusaha konveksi di Solo) dapat pinjaman hampir seratus juta...gak pake bunga!!! Enak kan..., coba kalau pinjam bank, misal bunganya 2%, berarti menghemat 2jt per bln. Saya sendiri saat ini, karena habis bangkrut dan gak punya modal sama sekali, akhirnya dapat pinjaman tanpa bunga hampir 50jt, ngiler nggak? he..he..he..

Tapi...semua itu diperoleh bukan tiba-tiba, tapi ada prosesnya. mau nggak bayar prosesnya, gak mahal kok..cuma kerja keras & sedikit PD (percaya diri). Tapi ingat..., dan jangan pake jurus memelas kayak pengemis lho... Sebab dari pengalaman, semakin kita memelas memohon pertolongan, orang malah curiga, ujung-ujungnya bukannya dapat pinjaman, tapi mungkin malah diusir dikira mau menipu. Pingin tahu nggak...???

Maaf, biar gak bosan bacanya, kita lanjutin besok ya teman-teman.... Tolong dong kasih komen di buku tamu...biar makin akrab gitu... Makasih ya.

6 komentar:

  1. pa lim di tunggu kelanjutannya...(penasaran nh)

    BalasHapus
  2. Lanjutannya mana nih pak Lim????

    BalasHapus
  3. @putu: kelanjutannya di seri (2) pak Putu.
    @wildan: makasih atas dukungannya pak Wildan.
    @Jenggolo: Makasih, kelanjutannya cari di hala bag bawah, yg seri (2) dan (3) pak.

    BalasHapus
  4. wah bikin penasaran aja neh ..pak lim

    BalasHapus
  5. seru nich ceritax....episode 2 segera dirilis ya pak....ditunggu nich...

    BalasHapus