Rabu, 08 Desember 2010

Apa Itu Prospekting?

Dalam dunia marketing, prospek (calon pembeli) menempati posisi sangat penting. Tidak ada prospek berarti tidak ada omzet. Tapi seringkali kita dihadapkan pada situasi yang sulit manakala kita hanya mengandalkan daftar nama orang yang sudah kita kenal; misal saudara, teman, saudaranya teman, atau temannya saudara, saudara suami/istri, istri/suami saudara,...he...he...pusing ya??

Ringkasnya, selama daftar nama prospek hanya di lingkungan yang kita kenal, maka lama-lama akan habis. Ibarat mau merumput (mencari rumput buat hewan piaraan, red), kalau berkutat di kebun sendiri, kebun tetangga, ya lama kelamaan kehabisan stok. Kalau pingin gak kehabisan stok, ya mesti ke hutan...dijamin gak kehabisan stok rumput...he...he..he...

Terus.., biar gak kehabisan daftar nama prospek, ya kita mesti ke "hutan prospek" alias komunitas orang yang belum kita kenal. Mencari prospek dari orang yang belum kita kenal itulah yang dinamakan "prospekting".

Coba tanya pada diri sendiri, berapa orang sih yang kita kenal (tahu; nama, alamat, no telpon)? Dari hasil survey rata-rata tiap orang memiliki 250-500 daftar nama orang sdh dikenal, diantaranya 50 nama termasuk prospek potensial. Kok tahu? Ya...tahulah, gak percaya..???, mau bukti? Kalau ada tetangga yang meninggal, coba ditengok... berapa kira-kira orang yang melayat...??? Nah orang yang datang melayat itu adalah daftar nama prospek ketika orang itu masih hidup.

OK..OK... kalau itu dianggap contoh ekstrim (menyeramkan), kita ambil contoh lain yang lebih "riang", apa itu...??? "Pernikahan!!" Tahu nggak kalau orang mau kawin, seluruh teman mulai temen sekolah (play group sampai kuliah), temen bermain dakon, sampai temen yang dulunya nyebelin, kok jadi ingat semua ya? Bahkan temen-temen yang sudah pindah ke planet lain pun ingat juga. Maklumlah...., jumlah undangan biar banyak, biar dapet "buwuhan" banyak pula, biar balik modal gitu...he..he...

Berapapun banyaknya daftar nama yang sudah kita kenal, pasti lama-lama habis juga kan..???
Terus..., terusss gimana dong caranya menambah daftar nama biar tidak pernah habis? OK...OK..., sekarang kita bicarakan bagaimana cara melakukan prospekting.

Beberapa tehnik prospekting:

1. Menggali kedalaman dari orang yang sudah kita kenal.
Contoh: misal Anda punya teman si A, mintalah daftar nama temannya si A (misal A1,A2,A3,...dst). Dari A1, kita gali temannya...begitu seterusnya.

2.Dimanapun tempatnya (kantor, belanja, bermain, kuliah, berolahraga, berobat, cangkrukan), pokoknya dimana saja berusahalah berkenalan dengan beberapa orang setiap hari.

3. Manfaatkan situs-situs jejaring sosial (facebook, twitter,dll). Lewat situs jejaring sosial mudah sekali kita mendapatkan teman baru.

Itulah beberapa tehnik prospekting yang bisa saya sampaikan, silahkan Anda kembangkan sendiri agar memperoleh hasil yang maksimal. Sukses buat Anda. Tolong kasih komentar ya... Komentar Anda sangat berarti buat kami. terima kasih. Kunjungi juga website kami: http://www.bantalbantal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar