Selasa, 20 September 2016

Tips Jualan Laris Manis di Marketplace

Ada banyak cara untuk memasarkan produk melalui internet, kali ini kami akan  menjelaskan tentang pemasaran menggunakan marketplace atau website iklan baris. Marketplace di Indonesia saat ini sedang tumbuh pesat, antara lain: Tokopedia, Bukalapak, Bibli, Lazada, Matahari Mall, dll. Sementara situs iklan yang besar seperti: OLX, Indonetwork, Agromaret, dll.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini ada banyak sekali marketplace online dan website iklan baris. Untuk pemula, tersebut teknik marketing yang paling mudah, paling cepat dan paling sedikit modal dan pengetahuan, dan gak ribet. Siapa saja bisa jual barang baru maupun second melalui bekas. com, tokopedia. com atau olx. co. id. Anda hanya tinggal pakai iklan di sana dan menunggu calon customer menghubungi Anda. Enaknya Anda tidak usah capek-capek berpromosi, tapi pihak marketplace atau situs iklannya yang gencar berpromosi.

Memanfaatkan Marketplace Online
Nah, tahu ndak, apabila ada sekian banyak pemula yang mikirnya begitu ruwet, walaupun sesungguhnya mereka sudah bisa mulai jualan di hari pertama saat sudah memperoleh info supplier.

Saya inginkan cerita tentang perjalanan saya jual bantal silikon di berbagai marketplace dan pasang iklan di berbagai situs iklan gratis. Belum terlalu berkeringat, ternyata hanya dalam hitungan beberapa hari sudah banyak yang menghubungi dan tidak sedikit yang langsung membeli. Mudah sekali Sob...

Selanjutnya, sambil melayani order dari marketplace barulah saya membuat sebuah website,  membuat fanspage di facebook, menyiapkan strategi pemasaran melalui search engine agar saya tak perlu capek-capek promo lagi ke depannya. Oleh karena itu di panduan ini, saya berikanlah tips agar anda jual product di marketplace lebih dahulu. Strategi ini paling mudah dilakukan karena tidak membutuhkan banyak kemampuan teknis.

Terus bagaimana Tips-nya agar jualan kita di marketplace peroleh sambutan yang bagus dan memiliki tingkat closing tinggi. Karena percuma dong kita memasarkan produk ke sana sini tetapi tak ada yang beli. Yang perlu kita siapkan terlebih dulu mulai memasarkan product melalui marketplace antara lain:

1. Headline yang memikat
2. Gambar promo yang menarik
3. Sales letter yang menghipnotis.
4. Respon Cepat

Mari kita kupas satu-persatu biar lebih mudah dipahami.
1. Headline Yang Memikat
Sebenarnya ini akan demikian panjang apabila diterangkan, tetapi kita bisa googling bermacam type penjelasan permasalahan headline. Bagaimana buat headline yang bisa menarik orang untuk membaca.

Perlu dipahami bila kita hanya punyai waktu 3 detik bahkan kurang untuk menarik ketertarikan orang membaca isi penawaran kita. Jadi apabila dalam waktu 3 detik kita tidak bisa buat orang berhenti scrolling dan mulai membaca sales letter, jadi dapat dijelaskan penawaran anda telah gagal.

Untuk menguji headline, biasanya pemasar akan buat semakin lebih 1 headline, minimal 3 macam. Nah, ordernya diarahkan ke 3 nomor yang berbeda. Demikian, jadi akan mudah dikenali headline mana yang bisa dibuktikan paling efektif menarik ketertarikan orang untuk membaca lebih lengkap.

2. Gambar Promo Yang Menarik
Gambar seringkali lebih peroleh perhatian lebih daripada hanya teks. Namun, gambar yang hanya diisi teks sering ditinggalkan. Jadi distribusikan maksimal 20% bagian saja untuk teks, sisanya gambar. Gambar yang menurut penelitian paling banyak diperhatikan yakni gambar wanita yang matanya seolah-olah melihat pada kita.

3. Sales Later Yang Menghipnotis 
Ini yang sering ditinggalkan oleh sebagian pemula waktu menawarkan satu hal di internet. Rata-rata malas bicara banyak, malas menulis banyak dan iklannya hanya seperti brosur singkat saja. Perlu di kenali bila memasarkan product lewat internet upayakan menggunakan bahasa yang sesederhana , tidak terlalu bertele-tele. Usahakan seperti orang bercakap-cakaplah. Seperti pembicaraan antar rekanan atau sahabat, dengan hal itu pembaca akan merasa akrab dengan anda. Yaaa… seperti kita tersebut.

Apabila ada testimoni, sebaiknya sertakan juga karena pengalaman pelanggan merupakan senjata paling ampuh untuk membuat orang percaya pada produk kita.

4. Respon Cepat (Fast Response)
Ini hal yang paling utama. Apabila anda sudah membuat headline yang bagus, gambar promo menarik, sales letter sudah  keren, jangan sampai ketinggalan action ordernya, responnya harus secepat mungkin. Anda harus menjelaskan dengan bagaimana system order produknya. Jangan sampai pengunjung tertarik lalu bingung apabila order mesti kemana?

Apabila anda menggunakan marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak, tak ada salahnya menyampaikan tempat tombol ordernya. Misalnya dengan kalimat seperti ini :
“Untuk order, dapat click tombol “Beli” di pojok kanan atas dan ikuti tipsnya yach”

OK Sob, kurang seperti itu Tips bagaimana berjualan di marketplace agar laris manis. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar